7 Cara Mengatasi Microsoft Word yang Tidak Bisa Dibuka

Microsoft Word tidak bisa dibuka? Berikut cara mengatasinya dan penjelasan mengenai penyebab-penyebabnya.

Setiap aplikasi, pasti dapat mengalami eror atau permasalahan dalam penggunaannya. Apalagi seperti yang kamu ketahui bahwa Microsoft Word adalah bagian dari bundle aplikasi Microsoft Office yang merupakan aplikasi berbayar. Tetapi, sebagian penggunanya lebih memilih versi bajakan karena ingin aplikasi gratis.

Padahal, hal ini dapat membuat software tidak berjalan dengan prima, dan terkadang timbul berbagai permasalahan.

Dalam artikel ini, kami akan membahas permasalahan pada Microsoft Word yang tidak bisa dibuka dan tentu saja disertai dengan bagaimana cara mengatasinya.

Masalah dan Cara Mengatasi Microsoft Word yang Tidak Bisa Dibuka

Pada artikel ini, kami menggunakan sistem operasi Windows 10, bagi kamu yang menggunakan sistem operasi versi lainnya, kami harap kamu dapat menyesuaikannya. Berikut cara mengatasinya yang disadur dari Thelastsurvivors.org:

1. Aplikasi yang tidak Berjalan Semestinya

Aplikasi yang tidak Berjalan Semestinya

Jika kamu coba membuka file Microsoft Word dari komputer dengan Windows 10 dan seperti tidak terjadi apa-apa, maka coba lah membuka Task Manager. Untuk membuka Task Manager, berikut caranya:

  • Tekanlah tombol “Ctrl + Shit + Esc” pada keyboard. Atau klik kanan pada taskbar
  • Kemudian pilih Task Manager

Pada bagian Apps, carilah apakah terdapat aplikasi Micosoft Word di sana. Bila ada, ini berarti Windows 10 mengira bahwa program tersebut sudah terbuka dan tidak akan melakukan apa-apa.

Pada kasus ini, cobalah untuk menutup aplikasi Microsoft Word dengan cara klik kanan, pilih End task. Kemudian, coba ulangi untuk membuka aplikasi Microsoft Word kamu. Pada beberapa kasus, cara ini terbukti berhasil dan akan langsung membantu kamu mengatasi permasalahan yang ada.

2. Shortcut Aplikasi yang Tidak Bisa Dibuka

Seandainya shortcut dari aplikasi Microsoft Word kamu tidak dapat dibuka dan saat diklik dua kali kursornya malah muter-muter saja, itu tandanya MS. Office bermasalah saat mengambil data dari komputer.

Umumnya masalah tersebut bisa diatasi dengan cara membuka MS. Office melalui folder instalasi programnya. Lokasi folder instalasi juga Tergantung dari versi Office yang kamu install. Biasanya kamu akan menemukan aplikasi Microsoft Office di direktori C pada folder Program Files atau Program Files (x86).

Supaya memastikan lokasinya tepat atak tidak, coba lah buka Microsoft Office Word dari folder instalasi di Disk C -> Program Files di sana.

Jika berhasil, berarti shortcut kamu yang sebelumnya bermasalah. Solusinya yaitu buatlah shortcut baru dari file shortcut yang ada di folder instalasinya.

3. Aplikasi Butuh Dilakukan Repair atau Reinstall

Andaikan cara-cara sebelumnya tidak berhasil, cara ketiga adalah melakukan repair atau reinstall pada aplikasi Microsoft Word kamu.

Kamu dapat melakukannya dengan cara:

  • Buka Control Panel
  • Klik Program and Features
  • Pilih pada program Microsoft Office
  • Kemudian Klik kanan dan pilih Change
Aplikasi Butuh Dilakukan Repair atau Reinstall

Di tampilan Windows seperti gambar di atas, pilih repair dan ikuti saja langkah-langkahnya. Apabila cara ini belum berhasil, maka kamu harus melakukan uninstall Microsoft Office. Lalu download dan install aplikasi Microsoft Word yang didownload dari situs resmi.

4. Microsoft Office Belum Diaktivasi

Microsoft Office Belum Diaktivasi

Semisal Microsoft Office yang terinstall di komputer kamu belum diaktivasi, maka kamu tidak diperkenankan untuk dapat membuka semua jenis aplikasi Microsoft Office.

Secara teknis, sebenarnya kamu bisa membuka program secara normal, tetapi kamu tidak dapat melakukan apa-apa, misalnya saja mengetik di Word dan menggunakan fungsi-fungsi umum.

5. Coba Perbarui OS Windows

Install Windows Update

Microsoft secara rutin merilis update untuk Microsoft Office melalui Windows Update. Jadi, andaikata versi Microsoft Office kamu rusak, ada peluang untuk memperbaikinya.

Atau mungkin, fitur-fitur lain yang terinstall di komputer kamu merusak Microsoft Office sehingga membuat kamu tidak dapat mengakses Microsoft Word. Pada kasus-kasus ini, menginstall update terbaru dapat memperbaiki masalah.

6. Uninstall Windows Update

Apabila cara di atas tadi tidak berhasil, mungkin cara sebaliknya dapat memecahkan masalah. Cara yang kami maksud yaitu menghapus pembaruan Windows atau melakukan rollback ke versi yang lebih lama, caranya:

  • Masuk ke Settings
  • Pilih Updates & Security
  • Klik Update history
  • Klik pada opsi Uninstall updates
  • Selesai

Sekarang cari update Office terakhir (dapat disortir dengan tanggal), klik kanan, lalu Uninstall. Terakhir, restart komputer kamu.

7. File Microsoft Word Corrupt

Hal ini sering terjadi pada file-file yang di donwload dari situs yang ada di internet (bukan situs resmi pastinya). Corrupt terjadi karena file belum terdownload sepenuhnya atau bisa juga terjadi karena memang sudah rusak dari sumbernya.

Seandainya hal ini terjadi, coba lah untuk mendownload ulang file tersebut dari situs resmi dan gunakan internet yang stabil..


Itu lah beberapa permasalahan yang mungkin terjadi ketika Microsoft Word kamu tidak dapat dibuka dan juga cara mengatasinya. Semoga penjelasan kami di atas dapat menyelesaikan permasalahan yang kamu alami.

Seandainya masih ada yang belum berhasil, silahkan berikan komentar pada artikel ini disertai dengan permasalahan atau pesan eror yang di alami.

Terimakasih, jangan lupa membaca artikel-artikel kami yang lain 🙂

Leave a Reply