10 Rekomendasi Pantai Terbaik di Sekitar Cirebon

Kota Cirebon memiliki destinasi wisata yang beragam, salah satunya adalah pantai. Pantai di sana terkenal dengan keindahan dan pesonanya yang tidak bisa dibantah. Banyak wisatawan luar daerah, bahkan turis dari luar negeri pun ada yang berkunjung.

Kami akan membagikan beberapa rekomendasi pantai Cirebon yang patut untuk kamu kunjungi. Berikut 10 rekomendasi pantai terpopuler di sekitar Cirebon yang kami kutip dari laman napaktilas.net.

1. Pantai Kejawanan

Pantai-di-sekitar-Cirebon-Pantai-Kejawanan
(sumber: instagram.com/giagulajawa/)
LokasiPegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp6.000/orang.
Estimasi waktu tempuh dari kota Cirebon11 menit (4,5 km) lewat Jl. Ahmad Yani/Jl. Raya Pantura.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiPantai yang bisa digunakan sebagai tempat terapi, perahu karet, cafe and resto, dan sunrise.

Pantai ini berada pada lokasi yang tidak jauh dari pelabuhan dengan spot sunset yang menakjubkan. Warga setempat sering menjadikan pantai ini sebagai lokasi untuk melepaskan penat sejenak dari rutinitas pekerjaan. Pantai Kewajanan juga terkenal akan mitos yang beredar dan dipercayai oleh penduduknya.

Mitos tersebut adalah air laut yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit, air ini berada di bagian bawah laut. Mulai dari penyakit asam urat, diabetes, bahkan sampai stroke sekalipun bisa sembuh dengan menggunakan air laut dari Pantai Kejawanan. Kamu bisa berkumur atau membasuh diri dengan menggunakan airnya.

Banyak juga pengunjung luar daerah yang memilih menghabiskan waktu liburannya ke Pantai Kejawanan, karena pantai ini terkenal spot sunsetnya. Dengan pemandangan yang luar biasa indah, seperti berlibur di Pulau Hawaii. Jadi tidak heran, jika banyak pengunjung yang datang untuk menjadikannya sebagai lokasi liburan bersama keluarga mereka.

Ketika di Pantai Kejawanan, kamu juga bisa menyewa perahu untuk menjelajah indahnya pantai dengan warna biru memesona. Dengan menggunakan perahu, kamu akan dapat menikmati pemandangan perpaduan ombak dengan birunya laut lebih dekat lagi. Untuk biaya sewa perahu adalah Rp5.000 per orang, baik itu perahu karet maupun kayu.

2. Pantai Baro Gebang

Pantai-di-sekitar-Cirebon-Pantai-Baro-Gebang
(sumber: instagram.com/garpu_siomay15/)
LokasiGebang Mekar, Kecamatan Gebang, Cirebon, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 06.00-15.30.
Harga tiket masuk (HTM)Rp3.000 (motor) dan Rp5.000 (mobil).
Estimasi waktu tempuh dari kota Cirebon37 menit (24,1 km) lewat Jl. Raya Pantura.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiPantai eksotis, penyewaan perahu, dan keindahan alam sekitar.

Pantai Baro Gebang pertama kali dibangun sebagai pelabuhan pada tahun 2003-2004, pada saat itu masyarakat Gebang masih memanggilnya Baro. Destinasi wisata ini disebut sebagai tempat pariwisata dengan tarif masuk yang relatif murah. Untuk tiket masuk pengguna motor adalah Rp3.000, sedangkan mobil adalah Rp5.000.

Tidak hanya itu saja, jika kamu berkunjung ke pantai ini, maka kamu bisa menikmati pemandangan laut dengan menggunakan perahu. Perahu memiliki tarif sebesar Rp5.000 per orang. Kamu juga bisa menikmati kuliner khas laut, memancing ikan, atau hanya bersantai dengan orang-orang terdekat di pantai ini.

Secara umum, Pantai Baro Gebang akan sangat ramai pada saat hari libur atau weekend. Namun, bukan berarti hari biasa tidak ada wisatawan yang berkunjung. Terkadang, kawasan pantai juga dijadikan sebagai area untuk belajar mengemudi. Baik itu motor maupun mobil.

Pantai Baro Gebang memiliki air yang sangat jernih dilengkapi pesona dari pemandangan cantiknya. Di sana juga tersedia penginapan untuk wisatawan yang ingin singgah dan dekat dengan kawasan pantai. Ayo segera berkunjung ke Pantai Baro Gebang, untuk liburan dengan berenang dan menikmati hidangan laut!

3. Cirebon Waterland

Pantai-di-sekitar-Cirebon-Cirebon-Waterland
(sumber: instagram.com/disbudparkotacirebon/)
LokasiJalan Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 09.00-18.00.
Harga tiket masuk (HTM)Rp25.000/orang.
Estimasi waktu tempuh dari kota Cirebon15 menit (4,8 km) lewat Jl. Kesambi.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiTaman bermain, kolam renang, dan restoran bertema kapal.

Rekomendasi tempat yang cocok kamu kunjungi berikutnya adalah Cirebon Waterland Ade Irma Suryani. Destinasi wisata ini bisa kamu jadikan sebagai tempat liburan pada akhir pekan bersama keluarga. Dengan begitu, liburan kamu akan terasa lebih menyenangkan dan penuh keseruan.

Cirebon Waterland Ade Irma Suryani ini menawarkan banyak wahana permainan air yang asik untuk kamu nikmati. Kamu bisa merasakan banyak wahana penuh adrenalin yang dapat membuat jiwa dan pikiran menjadi lebih relax. Jangan lupa juga untuk memanjakan keluarga dengan hidangan kuliner khas Cirebon.

Dari kota Cirebon menuju destinasi wisata ini kurang lebih memiliki jarak 2 km. Sehingga kamu tidak akan membuang waktu lama di perjalanan ketika berkunjung ke Cirebon Waterland Ade Irma Suryani. Untuk waktu yang akan kamu butuhkan sekitar  15 menit saja, kamu bisa menggunakan motor atau mobil.

Lakukan rekreasi bersama keluarga dengan mengunjungi Cirebon Waterland Ade Irma Suryani saat hari libur. Destinasi wisata ini selalu buka setiap hari pada pukul 09.00 – 18.00 WIB. Sehingga, kamu bisa dengan puas menikmati berbagai wahana permainan air yang tersedia di sana.

4. Wisata Zona Mangrove Kasih Sayang

Pantai-di-sekitar-Cirebon-Wisata-Zona-Mangrove-Kasih-Sayang
(sumber: instagram.com/wisatacirebon_id/)
LokasiMundu Pesisir, Kecamatan Mundu, Cirebon, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 08.00-17.00.
Harga tiket masuk (HTM)Rp2.000/orang.
Estimasi waktu tempuh dari kota Cirebon11 menit (6,0 km) lewat Jl. Raya Pantura.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiHutan mangrove dan spot foto.

Tidak kalah dengan daerah lain, kota Cirebon juga memiliki hutan mangrove yang menjadi salah satu destinasi wisata di sana. Hutan mangrove ini memiliki luas 7 hektar dan diberi nama Wisata Zona Mangrove Kasih Sayang. Sudah digarap oleh masyarakat sejak tahun 2010, namun  baru dibuka untuk umum pada tahun 2018.

Banyak masyarakat setempat yang merasa senang karena adanya destinasi wisata ini, karena memang mereka sudah lama menginginkannya. Warga pesisir  ingin memiliki ekowisata hutan mangrove seperti daerah Indramayu yang sudah terlebih dahulu memilikinya.

Ketika kamu berkunjung ke sini, maka kamu akan membayar tiket masuk sebesar Rp2.000 per orang. Biaya ini akan digunakan sebagai dana untuk memelihara ekowisata hutan mangrove menjadi lebih berkembang lagi.

Hal ini karena meskipun ekowisata ini sudah cukup bagus, namun ada beberapa fasilitas yang memang masih harus dibenahi. Saran dari kami ketika kamu berkunjung, kamu harus membawa lotion anti nyamuk. Sehingga, kamu tidak akan merasakan gigitan nyamuk yang ada di sana. Kamu nyaman, liburan pun tidak terganggu.

5. Pantai Randusanga

Pantai-di-sekitar-Cirebon-Pantai-Randusanga
Pantai Randusanga
LokasiBrebes, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp7.000/orang.
Estimasi waktu tempuh dari kota Cirebon1 jam 28 menit (87,7 km) lewat Jl. Margasari – Jatibarang.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiPantai yang indah, camping ground, dan flying fox.

Pantai Randusanga adalah kawasan pantai yang sangat potensial jika dikembangkan dengan benar. Hal ini karena Pantai Randusanga termasuk kawasan pariwisata dan pelabuhan antar pulau. Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 2 meter dan menjadi wisata pantai andalan daerah Brebes.

Memiliki luas lahan sekitar 30 Ha, namun lahannya masih dikembangkan hanya sekitar 10 Ha saja. Walaupun seperti itu, pantai ini memiliki pemandangan yang masih terasa asri dan alami. Sehingga tidak heran, jika banyak wisatawan yang berkunjung karena panoramanya yang indah.

Pantai Randusanga memiliki karakteristik ombak yang tenang, sehingga cocok untuk kamu gunakan sebagai area bersepeda atau hanya sekedar jalan-jalan. Dengan lahan yang luas, maka jalan-jalan ringan di sekitar pantai akan terasa menyenangkan. Waktu yang cocok adalah pada pagi hari. Karena kamu juga bisa sambil menikmati matahari terbit di pantai.

Ketika kamu menuju ke lokasi utama pantai, maka kamu akan menemukan banyaknya hamparan perkebunan bawang merah milik warga setempat. Setelah sampai, kamu bisa mendekati bibir pantai dan menikmati pemandangan pantai serta tambak budidaya ikan bandeng milik penduduk.

6. Pantai Pasir Putih Losari

Pantai-di-sekitar-Cirebon-Pantai-Pasir-Putih-Losari
(sumber: instagram.com/didutaditya/)
LokasiSawah, Ladang, Tamak, Karang Dempel, Kecamatan  Losari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Estimasi waktu tempuh dari kota Cirebon1 jam 24 menit (56,0 km) lewat Jl. Margasari – Jatibarang/Jl. Tol Kanci – Palimanan dan Jl. Raya Pantura.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiPantai dengan pesona yang menakjubkan.

Menjadi lokasi bermuaranya antar sungai, membuat kawasan Pantai Pasir Putih Losari menjorok ke laut progading. Dengan adanya hamparan pasir putih yang disertai ombak tenang, membuat pantai ini semakin terlihat menakjubkan.

Sejatinya, Pantai Pasir Putih Losari terletak di Brebes. Namun, karena lokasinya yang cukup dekat dengan kota Cirebon, sehingga membuat pantai ini dijadikan sebagai destinasi wisata kesukaan. Karena tidak memiliki ombak yang tidak begitu besar, maka kamu bisa berenang atau mandi di pantai ini sepuasnya.

Untuk masuk ke kawasan pantai, kamu tidak akan membayar biaya sepeserpun, karena di sana gratis. Namun, karena lokasi pantai ada di tengah, jadi kamu harus menyewa perahu untuk menyeberanginya. Biaya pulang pergi adalah Rp20.000 per orang.

Kamu bisa melakukan banyak aktivitas menarik. Karena selain menikmati pemandangan pantai yang penuh pesona, para pengunjung juga akan disuguhkan betapa eksotisnya alam sekitar. Pantai ini dibuka setiap hari selama 24 jam, sehingga wisatawan akan lebih leluasa untuk mengunjunginya.

7. Pantai Tirtamaya

Pantai-di-sekitar-Cirebon-Pantai-Tirtamaya
(sumber : https://www.instagram.com/kikykamil/)
LokasiJuntikedokan, Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 08.00-17.00.
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000 (dewasa) dan Rp6.000 (anak-anak).
Estimasi waktu tempuh dari kota Cirebon1 jam 4 menit (41,4 km) lewat Jalur Lohbener-Cirebon/Jl. Raya Cirebon – Indramayu.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiAir laut dan spot foto.

Pantai Tirtamaya memiliki kisah legenda yang terkenal, yakni diceritakan bahwa Ki Buyut Tuban yang berlabuh di pantai ini. Ki Buyut Tuban sendiri adalah seorang murid dari Sunan Bonang. Beliau seorang tokoh yang menyebarkan agama Islam di bagian daerah barat Jawa Barat.

Agar dapat masuk ke kawasan utama pantai, maka kamu akan membayar tiket masuk. Dengan harga sebesar Rp10.000 untuk dewasa dan Rp6.000 untuk anak-anak. Pihak pantai menetapkan bahwa Pantai Tirtamaya hanya dapat dikunjungi dari pukul 08.00 sampai 17.00 saja.

Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil maupun motor untuk dapat menuju ke lokasi utama Pantai Tirtamaya. Karena akses jalan yang ditempuh sangat mudah untuk kamu lalui. Bahkan, di sana juga dapat ditemukan beberapa petunjuk arah untuk sampai ke pantai.

Untuk perkara fasilitas pantai, maka kamu tidak perlu khawatir. Hal ini karena pihak Pantai Tirtamaya sudah menyediakan berbagai fasilitas yang memadai untuk para pengunjung. Sehingga, pengunjung pun akan semakin betah.

8. Pantai Balongan Indah

Pantai-di-sekitar-Cirebon-Pantai-Balongan-Indah
(sumber: instagram.com/putu_agung73/)
LokasiJalan Raya Balongan, Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari,24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp7.500 (dewasa) dan Rp5.000 (anak-anak).
Estimasi waktu tempuh dari kota Cirebon1 jam 15 menit (49,0 km) lewat Jalur Lohbener-Cirebon/Jl. Raya Cirebon – Indramayu.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiPantai, banana boat, dan perahu.

Pantai Balongan Indah ramai akan kunjungan dari wisatawan, baik itu hari biasa maupun hari libur. Dengan Cirebon, maka sangat disayangkan jika kamu tidak berkunjung ke pantai ini. Karena keindahan yang ditawarkan tidak akan membuat kecewa.

Pantai ini juga sering disebut sebagai Pantai Bali. Mengapa demikian? Hal ini karena dari singkatan Balongan Indah. Sehingga, pantai ini membuat kota Indramayu menjadi kota yang terkenal dengan sebutan kota wisata.

Pengelola Pantai Balongan Indah menetapkan biaya masuk ke kawasan pantai, yakni Rp7.500 untuk orang dewasa dan Rp5.000 untuk anak-anak. Namun, tarif tersebut akan terpisah dengan biaya tempat parkir. Di mana pengguna mobil akan dikenakan biaya Rp5.000 dan Rp2.000 untuk pengguna kendaraan motor.

Untuk kamu yang gemar berenang, maka kamu dapat dengan mudah melakukan aktivitas berenang di pantai ini. Kamu bisa menyewa pelampung, biasanya alat-alat itu akan dikenakan biaya sewa kurang lebih Rp5.000 dengan waktu sepuasnya.

9. Pantai Junti

Pantai-di-sekitar-Cirebon-Pantai-Junti
(sumber: instagram.com/jiin_jahat/)
LokasiJuntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari,24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang.
Estimasi waktu tempuh dari kota Cirebon1 jam 1 menit (38,5 km) lewat Jalur Lohbener-Cirebon/Jl. Raya Cirebon – Indramayu.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiPantai, spot foto, dan taman bermain.

Indramayu adalah daerah dekat Cirebon yang memiliki beberapa pantai rekreasi dengan keindahan yang tidak terbantahkan. Salah satunya adalah Pantai Junti. Beberapa waktu lalu, pantai ini sempat viral di media sosial, sehingga menjadikannya ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Bagi pengunjung, Pantai Junti memiliki daya tarik tersendiri sebagai destinasi wisata dengan air lautnya yang memesona. Pantai ini juga kerap dijadikan sebagai tempat untuk melakukan aktivitas memancing. Selain itu, dengan adanya pepohonan tembakau membuat abrasi air laut di sana agar menjadi terhambat.

Karena daya tariknya deburan ombak yang menjadi khas Pantai Junti membuat banyak wisatawan yang berkunjung untuk menikmatinya. Untuk kamu yang ingin lebih lama singgah di kawasan ini, maka kamu bisa menginap di penginapan yang tersedia.

Panti Junti terletak di daerah Desa Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Untuk bisa menikmati segala keindahan dan fasilitas pantai, maka kamu akan membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang.

10. Pulau Biawak

Pantai-di-sekitar-Cirebon-Pulau-Biawak
(sumber: instagram.com/nsrace/)
LokasiIndramayu, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 05.30-17.30.
Harga tiket masuk (HTM)Rp400.000/orang tergantung agen paket wisata.
Estimasi waktu tempuh dari kota Cirebon3-4 jam perjalanan.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiPantai, penangkaran biawak, sewa kapal, dan spot foto kece.

Salah satu rekomendasi destinasi wisata yang harus kamu kunjungi adalah Pulau Biawak Indramayu. Kamu bisa menghabiskan waktu libur dengan menikmati indahnya pulau kecil yang tersembunyi di tengah laut. Pulau Biawak memiliki pesona pantai yang penuh kecantikan dengan pasir berwarna putih jernih, sehingga kamu akan merasa dimanjakan.

Di Pulau Biawak sendiri ada kurang lebih dari 300 biawak yang tersimpan. Jadi kamu tidak hanya menikmati pantai saja, sebab kamu juga bisa melihat banyaknya biawak secara dekat. Selain itu, memberikan makan dengan menggunakan ikan atau daging juga diperbolehkan.

Namun, untuk dapat berkunjung ke lokasi utama Pulau Biawak, kamu harus menggunakan agen wisata khusus. Hal ini karena nantinya akan ada penyeberangan untuk menuju ke Pulau Biawak. Kamu tidak perlu khawatir, karena agen wisata yang menawarkan open trip menuju pantai ini sudah banyak yang buka.

Dengan menggunakan jasa agen wisata, maka kamu tidak akan merasa kesulitan dalam perjalanan. Karena kamu hanya cukup menghubungi pihak penyedia dan duduk manis di kapal. Waktu jarak tempuh ke Pulau Biawak dengan menggunakan kapal sekitar 3 – 4 jam. Setelah itu, kamu dapat menikmati betapa indahnya pulau satu ini.

Air laut dengan hamparan pasir putih akan membuat pikiran dan suasana hati kamu menjadi lebih jernih. Kamu bisa melakukan banyak aktivitas di sana, di antaranya adalah menyelam, berenang, bersantai, dan aktivitas lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa berburu spot foto yang aesthetic. Terdapat banyak spot foto yang akan membuat liburan kamu semakin menyenangkan. Liburan makin seru dengan mengabadikan setiap momen yang terjadi di pantai sekitar Cirebon.

***

***

Leave a Reply