perbedaan-haji-dan-umrah

Inilah Perbedaan Umroh Dan Haji Yang Harus Anda Tahu!

Mungkin istilah dari umroh maupun haji sudah tidak asing lagi bagi kita semua, baik muslim maupun non muslim. Akan tetapi, kedua ibadah tersebut memiliki perbedaan. Tapi anda tak perlu khawatir soal pembahasan perbedaan umroh dan haji, karena kali ini kita akan membahasnya disini. Nah, bagi anda ingin mengetahuinya, mari kita simak ulasan yang berikut ini.

1. Secara Definisi

Hal yang paling pertama dalam membedakan umroh dan haji adalah anda dapat melihatnya dari definisi kedua-duanya. Haji dari bahasanya dapat kita artikan sebagai bermaksud atau sengaja, yakni mengunjungi tempat mulia.

Dilihat dari istilahnya, dimana haji menjadi suatu ibadah yang dapat dilaksanakan dengan tata cara tertentu dan waktu tertentu agar bisa menerima keridhaan Allah SWT.

Sementara Umroh didefinisikan sebagai ibadah sunah serta bisa menerima kemulian dari Allah SWT. Umroh juga menjadi suatu ibadah yang akan menuntut pengorbanan dari harta benda atau disebut ibadah maliah.

2. Tempat Pelaksanaan

Perbedaan haji dan umroh bisa kita lihat juga dari sisi tempat pelaksanaannya. Biasanya ibadah umroh dilakukan di Mekkah, dan kemudian rombongan Jemaah akan pergi untuk berziarah di Madinah.

Berbeda dengan ibadah haji, dimana ibadah haji harus melakukan rukun yang telah di kerjakan luar Mekkah. Hal ini sangat wajib dilakukan oleh tiap umat islam. Rukun-rukun yang ada terdiri dari wukuf di Arafah, menginap di Muzdalifah hingga melempar jumroh di Mina dan Mabit.

3. Waktu Pelaksanaan

Perlu anda ketahui kalau waktu pelaksanaan dari umroh maupun haji sangatlah berbeda. Dimana waktu pelaksanaan ibadah haji dapat dilakukan satu kali setahun, yakni pada bulan Dzulhijjah yang dilaksanakan pada tanggal 9 hingga 13.

Sedangkan untuk ibadah umroh dapat dilakukan oleh umat islam kapan saja (diluar dari kegiatan ibadah haji). Jadi, jika anda mempunyai waktu serta dana yang terbatas, maka anda dapat memilih umroh dulu sebelum anda melaksanakan ibadah haji.

4. Segi Hukum

Perbedaan umroh dan haji juga dapat kita bedakan dari segi hukum. Ibadah haji adalah ibadah yang harus dan wajib tertuang dalam rukun umat islam kelima. Yang artinya adalah umat muslim memiliki kemampuan dalam fisik dan materi untuk mengikuti atau menunaikan ibadah haji.

Terlihat beda juga dengan umroh, dimana hukum dari umroh ini adalah sunnah muakad lebih baik kita lakukan. Akan tetapi, jika kita berhalangan hingga tidak melakukannya, itupun tidak apa-apa.

5. Dari Sisi Rukun

Selain beberapa perbedaan yang sudah ada diatas, anda juga bisa lihat perbedaan dari umroh dan haji melalui sisi rukunnya. Perlu diketahui oleh kita bersama kalau rukun haji akan terdiri atas tertib, bercukur atau tahalul, sa’i, thawaf ifadah, wukuf di Arafah dan niat ihram.

Lain lagi jika kita rukun dari umroh. Jika rukun haji ada 6, maka rukun umroh hanya ada 4. Keempat rukun umroh akan terdiri dari tertib, bercukur atau tahalul, sa’i, tawaf hingga niat irham.

6. Banyaknya Jumlah Jemaah

Yang paling terakhir untuk melihat apakah haji dan umroh itu beda atau tidak, dimana anda bisa melihatnya dari sisi jumlah Jemaah yang ada. Pasalnya ibadah haji hanya dilakukan dalam setahun sekali hingga dalam keberangkatannya tentu akan dipenuhi oleh banyaknya Jemaah haji. Tiap Jemaah haji yang berasal dari penjuru dunia berkumpul dengan waktu serta tempat yang sama dalam menunaikan ibadah haji.

Lain halnya dengan ibadah umroh. Umroh bisa dilakukan umat muslim kapan saja dan banyak juga orang-orang yang memilih ibadah umroh pada waktu yang sepi agar dapat terhindar dari keramaian. Hal ini bertujuan agar ibadahnya akan menjadi lebih khusyuk.

Dengan anda mengetahui tentang perbedaan umroh dan haji, sangat diharapkan agar pengerjaan dari kedua ibadah bisa berjalan dengan lancar.

Itulah sedikit penjelasan tentang perbedaan umroh dan haji yang perlu Anda ketahui, untuk Anda yang ingin melaksanakan ibadah umroh atau badal umroh terbaik di indonesia bisa mengunjungi website Umroh Salam.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *