7 Destinasi Wisata Alam Terpopuler di Cilacap (2021)

Jika membahas tentang Kabupaten Cilacap. Kota yang berada di Jawa Tengah ini memiliki banyak destinasi wisata yang tidak kalah menarik dan memesona. Dengan begitu, perjalanan liburan kamu akan menjadi semakin menyenangkan.

Saat kamu ingin menjelajah wisata alam di Cilacap, namun masih merasa bingung. Maka kami akan memberikan informasi tempat untuk menjadi referensi liburan kamu di Cilacap. Berikut 7 rekomendasi tempat wisata alam terbaik di Cilacap:

1. Wisata Gunung Selok

Wisata-Cilacap-Wisata-Gunung-Selok
(sumber: instagram.com/wisatagunungselok/).
LokasiSawah, Ladang, Karangbenda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 08.00-17.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Rating ulasan4,2/5.0 – 619 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Cilacap44 menit (23,7 km) lewat Jalur Gumilir – Purwokerto.
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataView Gunung Selok, wahana permainan, dan spot foto menarik.

Wisata Gunung Selok adalah salah satu destinasi wisata di Cilacap, tepatnya di Adipala. Destinasi yang satu ini menawarkan keindahan view laut selatan dari ketinggian kurang lebih 100 mdpl. Dengan adanya tambahan spot foto dan rumah pohon yang dapat menambah kesan wisata semakin terlihat kekinian dan modern.

Ada juga beberapa spot menarik lainnya, mulai dari pemandangan Gunung Selok, pura, goa, dan sungai kecil seperti laguna. Di sana juga ada jasa penyewaan perahu untuk para pengunjung. Dengan tiket masuk yang murah yakni Rp5.000 per orang, tempat parkirnya juga luas. Pemandangannya masih asri dan terlihat rimbun.

Dari pintu masuk menuju spot foto jalannya sudah beraspal dan sepanjang jalan terdapat banyak tulisan yang menarik mata. Di tempat spot foto tersedia berbagai fasilitas, seperti rest area, kamar mandi, tempat duduk, ayunan, dan wahana lainnya. Terdapat juga beberapa warung makan yang lumayan enak dengan harga terjangkau.

Meskipun harus berjalan kaki untuk sampai di lokasi utamanya, namun rasa lelah akan terbayarkan ketika sudah sampai di atas. Sangat cocok untuk kamu yang ingin liburan sekaligus menikmati indahnya alam. Untuk dapat menikmati indahnya pemandangan dari atas Gunung Selok, maka kamu harus menyiapkan fisik yang prima dan bersiaplah mendaki.

2. Curug Mandala

Wisata-Cilacap-Curug-Mandala
(sumber: instagram.com/cilacap_kekinian/).
LokasiHutan, Mendala, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 06.00-17.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Rating ulasan4,0/5.0 – 214 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Cilacap41 menit (16,9 km) lewat Jl. Raya Cilacap – Wangon/Jl. Tegal – Cilacap.
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataAir terjun yang memukau dan masih jernih, sejajarnya batu-batu besar, dan pepohonan hijau yang asri.

Curug Mandala memiliki view yang sangat indah, namun akses menuju ke lokasi utamanya ada beberapa kendala. Dari jalan raya Kesugihan menuju Curug Mandala, kamu harus melalui jalan rusak berdebu ketika panas dan berlumpur saat hujan. Karena jalan menuju curug biasa dilalui oleh banyak truk yang mengangkut batu hasil dari penambangan.

Oleh karena itu, perjalanan dari jalan raya bisa memakan waktu lebih dari 30 menit. Sebelum sampai ke curug, kamu akan melalui jalan kecil berbatu dan menanjak. Sebaiknya jangan memakai motor matic, apalagi berboncengan bersama orang lain. Di sekitar curug tidak ada tempat parkir atau penjual makanan, sebaiknya kamu membawa bekal dari rumah saja.

Ketika pengunjung sampai, ada sebuah gubuk kecil tempat istirahat petani setempat yang juga menyediakan jasa parkir. Saat masuk ke curug, pengunjung akan membayar Rp5.000 untuk tiket masuk. Dari tepi jalan sampai ke curug, kamu harus melanjutkannya dengan berjalan kaki melewati tengah-tengah kebun singkong. Terus berjalan agar sampai bertemu sungai tempat curug Mandala berada.

Jalan menurun ke curug sudah dilengkapi anak tangga, sehingga menjadi lebih mudah untuk dilalui. Masih terasa asri, karena tempat belum tersentuh oleh tangan manusia. Aliran air terjunnya membentuk tiga lapisan, karena terdapat tiga tingkatan. Sangat indah dan lain daripada curug umumnya. Sehingga, para pengunjung akan semakin betah.

3. Pantai Sodong

Wisata-Cilacap-Pantai-Sodong
(sumber: instagram.com/insta_adipala/).
LokasiJl. Laut, Sawah,Ladang, Karangbenda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 08.00-18.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp6.500/orang.
Rating ulasan4,1/5.0 – 4.660 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Cilacap41 menit (16,9 km) lewat Jl. Raya Cilacap – Wangon/Jl. Tegal – Cilacap.
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataPantai dengan pemandangan yang eksotis, goa meditasi, dan pepohonan cemara memukau.

Pantai Sodong merupakan pantai terpopuler di Cilacap yang memiliki pemandangan yang memesona. Berkat keindahan alamnya, tak heran jika pantai Sodong dinobatkan para turis sebagai salah satu pantai di Jawa Tengah favorit para wisatawan domestik.

Pantai ini memiliki banyak sisi yang bisa kamu jelajahi. Jika kamu suka suasana pantai yang lumayan asri dengan sunset dan tebing yang menawan, datang saja ke Pantai Sodong.

Namun pedagang di dekat tebing belum dirapikan dengan benar dan kurang terlihat estetika. Pantai Sodong ini pantai yang ramah dengan anak-anak, karena ombaknya yang tidak terlalu besar. Ketika sampai di Pantai Sodong, kamu akan disuguhi banyak persawahan. Di dalamnya juga terdapat Goa Ratu dan Raja.

Tempatnya sejuk dan berlatar belakang bukit kecil dan sepanjang jalan dipenuhi oleh pohon cemara. Pantai ini sangat cocok untuk memanjakan diri setelah penat dengan kesibukan dan bisa dijadikan tempat piknik keluarga. Untuk anak-anak tersedia kolam renang banyak wahana permainan. Ada juga penyewaan perahu untuk berkeliling menyusuri hutan bakau.

Meskipun ombak tidak terlalu besar, namun tetap hindari berenang dan bermain air di Pantai Sodong. Para pengunjung bisa bermain air di tepi pantai saja, sehingga dapat meminimalkan permasalahan tenggelam yang bisa terjadi. Jangan lupa untuk memakai pakaian yang hangat, karena pantai ini memiliki angin yang cukup kencang dan dingin.

4. Pantai Karang Pandan

Wisata-Cilacap-Pantai-Karang-Pandan
(sumber : instagram.com/kinghafizm/).
LokasiTambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Rating ulasan4,5/5.0 – 419 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Cilacap
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataPemandangan Pulau Nusakambangan, air pantai yang eksotis, dan pepohonan hijau yang memesona.

Pantai ini memiliki pasir putih, dengan kulit kerang yang menutupi bagian bibir pantai. Sayangnya, masih ada sampah berserakan di beberapa bagian pantai dan jalan akses menuju pantai. Ada gerombolan monyet, dan Lutung Jawa yang akan terlihat di sepanjang jalan akses menuju pantai. Sehingga, membuat pantai ini masih alami.

Untuk menuju kesini, kamu harus masuk ke pantai Teluk Penyu terlebih dahulu. Setelah masuk ke pantai Teluk Penyu, kamu bisa belok kanan sampai melewati Benteng Pendem. Kemudian menepi dan naik perahu nelayan setempat. Ongkos naik perahu ke Pulau Nusakambangan Rp20.000 per orang untuk pulang pergi.

Pantai ini termasuk salah satu pantai cantik di Pulau Nusa Kambangan, untuk dapat menemukannya kamu perlu berjalan kaki.  Kurang lebih 30 sampai 45 menit, melewati hutan yang rindang dan benteng peninggalan Belanda yang penuh sejarah. Semua akan terbayar dengan pemandangan yang memukau dan menyenangkan hati.

Di dalam hutan masih banyak ditemukan Kera, sehingga kamu perlu berhati-hati. Di Pulau Nusakambangan sendiri ada tiga pantai lain. Kamu bisa datang di waktu yang tepat, agar dapat menikmati pasir putih dan birunya air laut. Jangan lupa menjaga kebersihan pantai ini, sehingga pantai akan bebas dari sampah.

5. Waduk Kubangkangkung

Wisata-Cilacap---Waduk-Kubangkangkung
(sumber: instagram.com/waduk_koebangkangkoeng/).
LokasiSokawera, Kubangkangkung, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 08.00-17.00.
Harga tiket masuk (HTM)Rp7.500 – Rp10.000/orang.
Rating ulasan4,1/5.0 – 1.277 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Cilacap40 menit (22,2 km) lewat Jl. Raya Cilacap – Wangon/Jl. Tegal – Cilacap.
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataTaman air, hiburan outdoor, dan wahana permainan untuk anak-anak.

Keindahan dari Waduk Kubangkangkung memang tiada duanya, air jernih dengan fasilitas lengkap yang membuat pengunjung betah. Di sini terdapat spot foto yang kekinian, dan flying fox menambah kesan adventure. Lokasi utama yang ada di tengah hutan,  sudah dipastikan bahwa kesejukan tempat ini tidak akan membuat kamu kecewa.

Dahulu, waduk ini memang terkenal angker. Namun sejak menjadi destinasi wisata, tempat ini cocok kamu jadikan sebagai tempat liburan. Di sana terdapat banyak spot foto menarik, di antaranya adalah taman patung dinosaurus dan tudung yang ditata semenarik mungkin. Selain itu, kamu juga bisa mengelilingi waduk dengan transportasi yang telah disediakan.

Fakta yang tidak kalah uniknya, ketika sampai di Waduk Kubangkangkung kamu akan disuguhkan hutan pinus yang menjulang tinggi. Dengan jalan yang berkelok tajam serta suasana alam akan membantu kamu menghilangkan kebisingan dan polusi udara di perkotaan. Untuk tiket masuk hari biasa Rp7.500, sedangkan hari minggu Rp10.000 per orang.

Tempat yang cocok untuk bersantai, menikmati semilir angin sepoi-sepoi. Berkumpul bersama keluarga, orang terdekat. Karena banyak saung dan kursi yang disediakan oleh pihak waduk, sehingga pengunjung menjadi semakin nyaman. Tempat ini juga cocok untuk kamu yang sedang perjalanan jauh, dan memutuskan mampir sebentar.

6. Kemit Forest Education

Wisata-Cilacap-Kemit-Forest-Education
(sumber: instagram.com/kemitforest_official/).
LokasiJalan Srikaya Karanggedang, Karanggedang, Sidareja, Area Kebun, Karanganyar, Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 09.00-18.00.
Harga tiket masuk (HTM)Rp20.000/orang.
Rating ulasan4,1/5.0 – 3.790 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Cilacap1 jam 22 menit (51,4 km) lewat Jl. Raya Kawunganten.
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataHutan, area panahan, area bermain, paintball, dan camping ground.

Kemit Forest Education terletak di Desa Karanggedang. Akses untuk menuju lokasi utamanya sudah menggunakan beton, jadi kamu tidak perlu khawatir. Apalagi jika kamu naik motor dan mobil, sebab jalannya sudah lumayan menanjak. Namun, usahakan untuk mengecek kendaraan kamu terlebih dahulu sebelum pergi ke Kemit Forest Education.

Di destinasi wisata ini  terdapat banyak wahana seperti sepeda, sarang burung, ayunan, tembakan, flying fox, dan masih banyak lagi. Namun, kamu harus membayar wahana tersebut untuk bisa menikmatinya. Selain itu, untuk tiket masuknya Rp20.000 per orang dengan fasilitas yang memadai. Di antaranya adalah toilet umum, gazebo, dan tempat ibadah.

Wisata rekreasi yang ada di tengah hutan pinus dengan udara yang bersih dan sejuk serta pemandangan yang indah. Cocok untuk menjadi pilihan tempat liburan bersama keluarga, teman, maupun pasangan. Selain wahana yang berbayar, ada juga wahana yang gratis. Namun, untuk yang di area ketinggian pengunjung harus tetap berhati-hati. Hal ini karena keamanan yang kurang memadai.

Di sana banyak tersedia warung makan, namun ada juga beberapa yang tutup. Warung-warung tersebut menyediakan aneka makanan, seperti makanan ringan, pop mie, mendoan, aneka minuman, pecel, nasi rames, dan lain sebagainya. Tentu saja dengan harga yang lumayan terjangkau.

7. Benteng Pendem Cilacap

Wisata-Cilacap-Benteng-Pendem-Cilacap
(sumber : instagram.com/bustanularifine/).
LokasiJl. Benteng, Sentolo Kawat, Cilacap, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 08.00-18.00.
Harga tiket masuk (HTM)Rp7.500/orang.
Rating ulasan4,3/5.0 – 6.987 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Cilacap19 menit (7,9 km) lewat Jl. Penyu.
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataWisata sejarah yang mengedukasi, spot foto penjara dan barak api.

Wisata bersejarah yang luar biasa dan masih ada sampai sekarang. Di sini kamu akan melihat struktur benteng peninggalan Belanda yang kokoh dan cukup luas. Terdapat bekas ruang penyiksaan, penjara, barak, amunisi, dan ruang senjata. Ada juga rusa-rusa di sekitar taman benteng. Lokasi benteng dekat dengan Pantai Teluk Penyu, sehingga mudah dijangkau.

Benteng Pendem menjadi salah satu destinasi wisata ikon kebanggaan dari Cilacap, sehingga tempat ini sangat populer. Sering dikunjungi oleh banyak wisatawan, baik warga setempat maupun pengunjung dari luar daerah. Menyuguhkan wisata yang terkesan mistis dengan banyak sejarah di dalamnya, membuat orang penasaran dengan Benteng Pendem.

Fasilitas di sana juga sudah lengkap, di antaranya seperti tempat makan, toilet umum, dan masih banyak lagi. Akses menuju lokasi utama juga terbilang mudah, sehingga pengunjung tidak akan tersesat. Walaupun banyak spot yang terlihat seram, tapi itulah daya tariknya. Jika kamu penyuka cerita sejarah, maka wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi.

Dengan membayar tiket masuk Rp7.500 untuk setiap orang, kamu bisa memasuki Benteng Pendem secara mudah. Melansir dari Wikipedia, Benteng Pendem memiliki luas 6,5 ha. Sangat luas, karena dahulu katanya tempat ini dijadikan sebagai kawasan markas pasukan Belanda. Tempat ini sangat rekomendasi untuk kamu yang ingin mempelajari sejarah.

Itulah beberapa pilihan tempat wisata alam yang bisa kamu jadikan sebagai referensi liburan. Jika membahas lebih jauh lagi tentang Cilacap, memang tidak ada habisnya. Destinasi wisata di atas tentu termasuk ke dalam tempat yang sedang populer dan wajib kamu kunjungi. Siapkan fisik, kendaraan, dan pembekalan yang memadai. Hal ini agar liburanmu berjalan lancar.

Leave a Reply