7 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Cirebon

Cirebon kaya akan bangunan bersejarah dan tempat wisata yang mengesankan. Apalagi lokasi ini sangat strategis dan menjadi simpul transportasi yang menghubungkan Jawa Barat dan Jawa Tengah. Selain itu, letaknya yang tidak jauh dari pusat kota Jakarta.

Buat kamu yang berencana libur akhir pekan atau sekedar menghabiskan plesiran akhir tahun nanti di Cirebon. Berikut 7 rekomendasi tempat wisata terbaik di Cirebon:

1. Telaga Biru Cicerem

(sumber: instagram.com/negrikece/).
LokasiKaduela, Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00-17.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang.
Rute menuju tempat wisata dari kota Cirebon1 jam 41 menit (107.9 km) via Jl. Tol Cikopo – Palimanan.
Fasilitas wisataRestoran, camping groud, saung, spot foto.

Keindahan airnya jernih sebening kaca dan tampak berwarna biru. Pesona Telaga Biru Cicerem membuatnya dijuluki Blue Lake dari Kuningan. Panoramanya kian cantik oleh warna-warna cerah ikan-ikan yang hidup di telaga ini. Begitu kontras dengan birunya air telaga. Namun, menciptakan pemandangan yang romantis dan memesona.

Suasananya asri dikelilingi pepohonan tinggi rindang serta udara yang segar.  Sangat nyaman memberikan ketenangan alam pikiran. Apalagi terdapat aktivitas menarik yang bisa menambah koleksi foto instagram.

  • Memberi makan ikan.

Kamu bisa membeli pakan ikan yang dijajakan seharga 5ribu. Ikan-ikan akan berenang menghampiri sumber makanan, menjadi pemandangan yang menarik.

  • Berenang hingga snorkeling.

Rasakan sensasi berenang dengan banyaknya ikan. Asal jangan terlalu ke tengah, kedalamannya bisa mencapai hingga 18 meter. Ikan yang hidup di sini cukup banyak, sehingga sangat bagus untuk snorkeling.

  • Naik perahu.

Kamu bisa menyusuri pesona telaga menggunakan perahu wisata. Ada perahu karet dan perahu bebek yang disewakan untuk pengunjung.

  • Spot foto instagramable.

Kamu bisa hunting foto dari angle mana pun mengabadikan view telaga. Karena Telaga Biru Cicerem panoramanya memang sangat keren. Yang paling populer adalah spot foto ayunannya. Berayun di atas cantiknya panorama telaga menghasilkan jepretan yang super instagenic. Kamu juga bisa menggunakan jasa fotografer dengan biaya terjangkau dan hasil foto yang memukau.

  • Berkemah.

Masih ingin berlama-lama, maksimalkan liburan kamu dengan berkemah di sini. Ada lokasi camping ground yang terletak di atas komplek telaga.

Waktu terbaik untuk mengunjung  Telaga Biru yaitu pagi hari. Akses menuju lokasi dari pusat kota Cirebon sekitar 20 km atau butuh waktu 45 menit berkendara. Kalau bawa motor bisa parkir langsung di depan telaganya.

2. Taman Wisata Goa Sunyaragi Cirebon

(sumber: instagram.com/fifinmaidarina/).
LokasiSunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00-17.30
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang.
Rute menuju tempat wisata dari kota Cirebon1 jam 28 menit (100.7 km) via Jl. Tol Cikopo – Palimanan.
Fasilitas wisataRuang koleksi, gazebo, kios wisata, petilasan, spot foto.

Jika pergi ke Cirebon, kamu harus mengunjungi Gua Sunyaragi. Destinasi pariwisata kota Cirebon yang paling ikonik dan favorit wisatawan terutama saat peak season. Tempat ini sarat akan sejarah dan memiliki arsitektur unik yang menarik untuk dijelajahi.

Gua yang menyerupai seperti candi ini bukanlah gua biasa yang terbentuk dari fenomena alam. Ini adalah karya manusia yang di buat dari susunan batu sehingga terlihat seperti gua batu alam. Namanya sendiri diambil dari bahasa Sangsekerta yakni sunya (tenang) dan ragi (jiwa atau tubuh). Konon, gua ini di bangun sebagai tempat untuk meditasi bagi keluarga kesultanan Cirebon. Hingga sekarang menjadi situs budaya penting yang merupakan bagian dari Keraton Kasepuhan.

Tersebar di area seluas lebih dari 15 hektar. Gua Sunyaragi memiliki gua-gua kecil yang dikelilingi oleh kolam dan taman-taman indah yang terdapat patung-patung spiritual. Daya tarik lainnya ada pada arsitektur gua yang dipengaruhi oleh gaya klasik Indonesia, Cina, Timur Tengah dan Eropa. Perhatikan saja pada dinding-dinding gua yang terukir bunga persik, bunga matahari dan bunga teratai. Desainnya menonjolkan gaya arsitektur Cina.

Saat kamu berburu fotografi di lokasi gua ini, jangan lewatkan spot menarik untuk dikunjungi, antara lain:

  1. Terowongan rahasia menuju kawasan Gunungjati.
  2. Lorong khusus menuju Mekkah dan China.
  3. Pohon kelengkeng ajaib berusia 300 tahun.
  4. Patung Perawan Sunti yang diyakini terlarang di sentuh perawan.
  5. Bangsal Jinem, tempat duduk keluarga kesultanan.

Selain menjadi obyek wisata, tempat ini juga sering menyuguhkan pertunjukan budaya, seperti pertunjukan seni tari. Jika kamu ingin mendapatkan cerita sejarah yang lebih mendalam, tersedia layanan pemandu dengan biaya tambahan sebesar 50ribu rupiah.

3. Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

(sumber: instagram.com/cirebontrending/).
LokasiJl. Yos Sudarso No. 1, Kec. Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 09.00-18.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp25.000/orang.
Rute menuju tempat wisata dari kota Cirebon1 jam 35 menit (102.5 km) via Jl. Tol Cikopo – Palimanan.
Fasilitas wisataWahana air, restoran, cottage, gazebo.

Cirebon Waterland menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa menjadi referensi tempat bermain air terpopuler di Cirebon. Rutenya mudah hanya 2 kilometer dari pusat kota. Lokasinya yang berada di pinggir pantai menjadi kelebihan obyek wisata ini. Apalagi tempat ini juga memiliki pemandangan matahari terbit yang menawan.

Tak hanya itu, wisata air yang akrab di sapa Taman Ade Irma Suryani ini juga menyiapkan banyak wahana dan fasilitas yang lengkap. Semua menjadi daya tarik bagi pengunjung, khususnya pencinta fotografi. Lalu, apa saja yang bisa kamu lakukan di Cirebon Waterland.

  1. Water playground

Area bermain air dengan berbagai wahana yang patut kamu jajal bersama si buah hati. Ada seluncuran air, bantalan air, area main air sembur, dan kolam arus Lazy Mahakam River. Di dekat taman air juga banyak atraksi lainnya seperti rumah hantu, bioskop 3D, taman burung dan kebun binatang mini.

  • Resto kapal laut.

Obyek wisata ini khas dengan bangunan restonya yang ikonik berbentuk kapal laut bernama “Cheng Ho”. Resto menyajikan menu utama steak & seafood. Menariknya, staf restoran berpenampilan layaknya nakhoda dan awak kapal.

  • Dermaga Bambu.

Dermaga instagramable ini berada di kanan kiri resto kapal. Untuk menikmati jalan-jalan di sepanjang dermaga perlu membayar 15ribu/orang. Panoramanya yang indah serta dapat melihat langsung deretan Rumah Apung, spot ini menjadi favorit pengunjung berswafoto. Kamu juga bisa menyaksikan sunset dari ujung dermaga, di sana tersedia gazebo untuk bersantai.

  • Rumah Apung.

Tak perlu cemas mencari penginapan. Cottage Rumah Apung menawarkan akomodasi yang nyaman mulai dari 1,5-2,5 juta/malam, dan juga memiliki balkon menghadap pemandangan laut lepas.

4. Pantai Kejawanan

(sumber: instagram.com/djoalinoakbar/).
LokasiPegambiran, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp6.000/orang.
Rute menuju tempat wisata dari kota Cirebon1 jam 34 menit (109.4 km) via Jl. Tol Cikopo – Palimanan.
Fasilitas wisataPerahu wisata, warung makan, gazebo, camping ground.

Lokasinya tidak begitu jauh dari Cirebon Waterland, memungkinkan kamu untuk singgah ke pantai ini. Pantai Kejawan merupakan salah satu pantai terpopuler di Cirebon yang memiliki pemandangan memesona. Nuansa laut biru berpadu ombak pohon tepi pantai yang memukau serta hamparan pasirnya. Panorama gunung Ciremai dari kejauhan semakin menambah indah Pantai Kejawan.

Tidak hanya memiliki view menawan, Pantai Kejawan punya daya tarik lainnya yang membuat pelancong terpikat.

  1. Air laut mujarab.

Nyatanya mitos ini mengundang pelancong berkunjung. Warga lokal mempercayai dengan membasuh diri ataupun berkumur menggunakan air laut di pantai ini dapat menyembuhkan segala penyakit.

  • Berenang tepi pantai.

Pantainya yang landai dan dangkal di sukai pelancong terutama anak-anak. Mereka jadi bisa bermain dan berenang hingga ke tengah pantai. Tapi ingat, harus tetap berhati-hati!

  • Berkeliling dengan kapal.

Menikmati keindahan laut biru dan deburan ombak lebih seru dengan wisata perahu. Kamu bisa sewa perahu motor milik nelayan dengan harga yang tidak mahal, berkisar 5-20ribu rupiah.

  • Spot sunset terindah

Pantai Kejawan punya spot sunset terindah dan favorit untuk dikunjungi saat sore hari. Sekedar duduk di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan matahari tenggelam, momen kamu jadi tambah romantis.  

  • Berkemah di pantai.

Kalau kamu dari luar kota, lupakan menginap di hotel. Pantai ini menyediakan camping ground untuk mendirikan tenda sekaligus spot memancing. Pagi harinya kamu bisa menyaksikan matahari terbit dengan posisi tepat di tengah pantai.

Selain fasilitas alamnya yang eksotik, pantai ini juga sangat bersih. Fasilitasnya umumnya lengkap. Sajian kuliner laut khas Cirebon yang segar, dan pulangnya jangan lupa belanja di toko oleh-oleh sekitarnya.

5. Bukit Gronggong

(sumber: instagram.com/mommyirana/).
LokasiPatapan, Beber, Cirebon, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Rute menuju tempat wisata dari kota Cirebon1 jam 21 menit (104.2 km) via Jl. Tol Cikopo – Palimanan.
Fasilitas wisataResto & cafe, gazebo, penginapan.  

Ingin melihat kota Cirebon dari ketinggian? Silakan datang ke perbukitan Gronggong. Berada di dataran tinggi antara perbatasan Kuningan dan Cirebon. Destinasi wisata ini selalu dipadati wisatawan terutama kaum muda. Pemandangan yang disajikan sangat indah yang tidak akan kamu temukan di perkotaan.  Nuansa alam asri serta gemerlap lampu pemukiman sekitar membuat suasana di Bukit Gronggong terasa romantis.

Waktu terbaik mengunjungi Bukit Gronggong adalah saat musim hujan. Kehijauan terhampar di bukit ini menjadi daya tarik tersendiri. Saat musim hujan, rimbun dengan pepohonan juga rerumputan hijau. Semakin dipercantik dengan sebaran berbagai ukuran pohon-pohon kersen.

Bahkan di siang hari, pemandangan yang di tampilkan pun tak kalah menarik. Meski terkadang terik matahari menyilaukan mata, namun terbayar dengan sejuknya angin serta panorama hijau menyegarkan mata. Selain itu, kamu juga bisa melihat lanskap perkotaan yang keren dari atas bukit ini.

Suasana dan udara yang seperti di pedesaan akan membuat kamu semakin betah. Di sore harinya bisa menyaksikan keindahan matahari tenggelam yang memesona, ditemani dengan makanan dan minuman hangat. Jagung bakar dan kopi panas yang dijajakan pedagang kaki lima di sepanjang bukit siap menghantarkan kehangatan momen sunset kamu.

Tempat wisata ini juga asyik buat hangout bersama keluarga ataupun teman-teman. Kamu bisa pilih resto maupun cafe yang diinginkan. Bukanya hingga malam hari dan tidak cuma menyajikan makanan khas, tapi juga view dengan sudut pandang terbaik.

Berencana sekalian menginap di bukit ini? Ada banyak akomodasi yang ditawarkan mulai dari 100ribu hingga jutaan rupiah per malam. Konsep akomodasinya pun beragam. Kental dengan nuansa pedesaan yang menenangkan, pas buat kamu yang ingin rehat dari kesibukan rutinitas.

6. Batu Lawang Cirebon

(sumber: instagram.com/batulawangcirebon_official/).
LokasiCupang, Gempol, Cirebon, Jawa Barat  (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 07.00-17.00.
Harga tiket masuk (HTM)Rp7.000/orang.
Rute menuju tempat wisata dari kota Cirebon1 jam 19 menit (83.5 km) via Jl. Tol Cikopo – Palimanan.
Fasilitas wisataGazebo, spot foto, wahana permainan.

Wisata alam dengan tema stone yang berada di Desa Cupang menyajikan panorama indah dan sangat instagramable. Foto-foto keindahan tempat ini banyak berseliweran di feed instagram. Ya, destinasi Bukit Lawang memang sedang nge-hits beberapa waktu belakangan di kalangan traveler.

Di lahan seluas 3 hektar ini, wisatawan bisa menikmati keindahan alam dari puncak tebing berbatu. Kamu perlu trekking dahulu untuk mencapai puncak. Namun, rasa lelah terbayar dengan pemandangan sekitarnya yang menakjubkan. Landmark hijau pepohonan dan semak-semak selaras dengan langit biru dan awan putih cerah menaungi. Makanya, waktu terbaik mengunjungi Batu Lawang adalah saat musim panas, di pagi ataupun sore hari.

Dari ketinggian sekitar 50 meter, kamu dapat menikmati keindahan alam sambil berfoto. Semua sudutnya dapat jadikan obyek fotografi yang sempurna. Di puncak bukit juga tersedia anjungan foto untuk selfie. Tebing-tebing tinggi menantang menjadi spot favorit yang hobi aktivitas panjat tebing. Buat kamu yang pemula, di sini tersedia juga jasa panjat tebing.

Dinamakan Batu Lawang karena bentuk batuan di sini menyerupai pintu atau lawang. Pintu tersebut dahulu konon di percaya dapat menembus ke ruang gaib. Namun, kini Batu Lawang diminati sebagai obyek wisata menarik. Di sini, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas dan fasilitas wisata yang terbilang lengkap, yaitu:

  • Warung makan.
  • Mushola.
  • Toilet.
  • Gazebo.
  • Wahana bermain, seperti ATV, flying fox, dan panjat terbing.
  • spot selfie instagenic

Mau datang kemari? Akses menuju Batu Lawang sudah cukup bagus dan dapat dilalui oleh kendaraan roda empat. Jika dari kota Cirebon hanya berjarak 28 km atau satu jam berkendara. Jangan lupa bawa air minum dan beberapa snack, untuk menambah energi saat trekking.

7. Wisata Kera Plangon

(sumber: instagram.com/rezza_vzr95/).
LokasiBabakan, Sumber, Cirebon, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp3.000/orang.
Rute menuju tempat wisata dari kota Cirebon1 jam 33 menit (103.4 km) via Jl. Tol Cikopo – Paliamanan.
Fasilitas wisataWarung makan, gazebo.

Kota Cirebon punya obyek wisata unik seperti Monkey Forest yang ada di Sangeh, Bali. Tepatnya di Desa Babakan yang berjarak kurang lebih 5 kilometer di sebelah barat dari pusat kota Cirebon. Destinasi wisata ini merupakan perpaduan antara pemandangan alam hutan, nilai-nilai sejarah dan adanya habitat monyet dengan jumlah yang lumayan banyak.

Plangon sangat cocok bagi yang menyukai wisata petualangan dan sambil mempelajari sejarah kota Cirebon Nama Plangon sendiri dalam bahasa Tegal berarti “klangenan” atau tempat untuk menenangkan diri. Tempatnya berada di tepi sungai yang dihiasi pepohonan rindang sehingga sangat nyaman untuk bersantai dan menenangkan diri.

Konon Plangon merupakan tempat menyepi bagi dua orang Pangeran keraton Cirebon yaitu Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksaan. Tempat petilasan makam kedua pangeran ini terletak di puncak bukit. Tidak heran, jika banyak pula pengunjung dari luar kota yang berziarah dan berdoa di tempat ini. Untuk sampai ke puncak bukit Plangon, kamu perlu menaiki banyak anak tangga. Ya, kira-kira memakan waktu setengah jam untuk mencapainya

Bukan hanya kesejukan udara dan keindahan alam yang disuguhkan di sini, tetapi juga tingkah lucu monyet-monyet liar yang menghuni Plangon. Sehingga tempat ini pun dijuluki sebagai Monkey Park. Monyet-monyet di sini suka mengikuti pengunjung dan terkadang sedikit jahil.

Pengunjung pun dapat bercengkerama dengan kera-kera tersebut ataupun sekadar memberi makanan. Untuk itu, kalau kamu berwisata ke sini, disarankan membawa makanan seperti kacang-kacangan buat diberikan kepada monyet-monyet tersebut. Namun, usahakan untuk tetap berhati-hati dan tidak mengganggu habitat monyet di sana ya.

Itulah ulasan singkat 7 wisata alam terbaik di Cirebon yang dapat kamu jelajahi bersama orang terdekat. Semoga informasi di artikel ini bisa membantu dan memudahkan perjalanan liburan atau akhir pekan kamu ke kota ini. Selalu menjaga kebersihan di tempat wisata dan berhati-hati dengan barang bawaan kamu saat berwisata. Selamat berlibur!.  

Leave a Reply